Telkomsel Ngajak Pelanggan Selamatkan Bumi dengan Tukar Poin Setara Tanam Satu Pohon

Telkomsel merilis kampanye video “Jejak Kebaikan” yang mengajak pelanggan untuk bergerak bersama menjaga kelestarian lingkungan dan masa depan bumi, dalam rangka Hari Bumi Sedunia.

Salah satu cara yang dapat dilakukan pelanggan Telkomsel adalah dengan menukarkan Poin setara penanaman satu pohon dalam program Telkomsel Jaga Bumi Carbon Offset.

Sejalan dengan proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), gerakan “Jejak Kebaikan” dari Telkomsel ini terinspirasi oleh semangat Indonesia dalam menjaga bumi pertiwi.

Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, menyatakan, berdasarkan data Emissions Database for Global Atmospheric Research (EDGAR) dalam laporan GHG Emissions of All World Countries 2023, jejak karbon di Indonesia didominasi oleh karbon dioksida yang mencapai 55,8 persen sebagai hasil dari emisi gas rumah kaca berbagai industri.

“Telkomsel mengajak seluruh pelanggan untuk bersama menciptakan ‘Jejak Kebaikan’ melalui tindakan sederhana yang nyata dan menyeluruh untuk mengimbangi jejak karbon yang kita tinggalkan, seperti dengan berkontribusi pada program Telkomsel Jaga Bumi Carbon Offset melalui penukaran Telkomsel Poin untuk penanaman pohon,”  katanya.

Telkomsel pun sudah mendukung akses digital pada 232 situs jaringan di daerah terpencil dan perbatasan Indonesia melalui program BTS Merah Puih hingga saat ini. Program ini menggunakan energi hijau atau sumber daya terbarukan, sehingga konsumsi energi lebih efisien dan rendah emisi gas karbon.

Operator turut memanfaatkan teknologi ramah lingkungan Smart Office dan Green Building pada kantornya guna menjaga keberlangsungan secara menyeluruh dan menghemat konsumsi energi. Kemudian, dalam rangka memperingati Hari Bumi, Telkomsel mendorong karyawan untuk berpartisipasi dalam gerakan ‘Jejak Kebaikan’ dengan menggunakan transportasi umum, kendaraan ramah lingkungan, ataupun bike to work, serta membawa alat makan pribadi.

Program penukaran Poin setara dengan penanaman satu pohon bersama pelanggan dan karyawan akan terus dilanjutkan pada 2024. Selain itu, Telkomsel berkomitmen meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemilahan dan daur ulang sampah di skala nasional bersama para stakeholder.